ABIT iX38 QUADGT Sensasi Intel X38

Dibandingkan Intel P35, Intel X38 diproduksi untuk menargetkan pengguna kelas ethusiast. Keunggulannya adalah tersedianya PCIe 2.0 dan jumlah lane PCIe yang lebih banyak untuk mendukung crossfire secara maksimal.

Kali ini, indra cellular menerima sebuah sampel motherboard dari ABIT, yaitu ABIT 1X38 QuadGT. Ketika dikeluarkan dari kemasannya, CHIP melihat bagian yang paling menarik dari motherboard ini yakni tersedianya tiga buah slot PCIe 2.0 16x dengan rincian dua buah slot yang berwarna biru untuk graphic card (masing-masing 16x) dan sebuah lagi slot berwarna hitam sebagai tambahan (berjalan pada bandwith 4x). Namun, motherboard ini menjadi sangat menarik karena juga dirancang untuk dioverclock.

Wajib dioverclock!

Dalam motherboard ini, ABIT memadukan chipset Intel X38 ini dengan berbagai feature papan atas untuk menjamin kestabilan ketika melakukan overclock. Feature yang disediakan antara lain penggunaan lima buah Digital PWM untuk menjamin kestabilan pasokan listrik terutama ketika bekerja dalam keadaan load dan terover-clock (dilengkapi dengan heatsink untuk meredam panas), penggunaan Solid State Capacitors yang tahan banting, dan juga dilengkapi dengan Silent OTES untuk meredam panas dari northbridge dan southbridge.

Tak cukup hanya dengan feature yang menunjang kestabilan saja, ABIT juga melengkapi motherboard ini dengan feature penunjang tambahan berupa POST (Power On Self Test) yang menampilkan dua digit bilangan hex untuk mendeteksi status dari periperal dan komponen PC ketika dijalankan, tombol power dan restart yang terletak di atas motherboard, tombol CCMOS pada bagian belakang panel I/O. Namun, bagian terbaiknya adalah tersedianya software ABIT uGURU yang memudahkan Anda untuk melakukan overclock dan mengamati keadaan PC.

Abit IX38 QuadGT adalah motherboard yang sangat solid dan stabil yang melakukan overclocks dengan sangat baik dan, sebagai hasilnya, ini mungkin tampak sebagai proposisi yang menarik. Sayangnya, itu dikecewakan oleh kinerja yang buruk, paket pendukung yang buruk (yang mungkin tidak menjadi perhatian banyak orang) dan beberapa fitur dewan benar-benar mempolarisasi pendapat saya tentang hal itu.

Pada akhirnya, saya merasa sulit untuk membenarkan harga yang diminta IX38 QuadGT, tetapi jika Anda tidak terganggu oleh kinerja di bawah par dan kadang-kadang pilihan aneh pada daftar fitur, papan cukup kokoh untuk bertahan sampai rentetan penyalahgunaan.

Asus Maximus Formula memiliki kekurangan yang jelas dari keunggulan kinerja apa pun di atas P35, itu setidaknya menawarkan fitur kick ass di Motherboard tulis dan di dalam kotak. Abit IX38 QuadGT membuat Motherboard dan BIOS yang luar biasa, tetapi ia memiliki paket pendukung yang hampir tidak ada dan berkinerja lebih buruk daripada adik lelakinya – IP35 Pro. Fitur-fiturnya membuat saya sepenuhnya terpolarisasi:

  • BIOS benar-benar menyenangkan untuk digunakan tetapi penggunaan DDR2 sama sekali tidak dioptimalkan
  • Motherboard terlihat fantastis dan tata letaknya sangat bagus, tapi saya tidak suka dimasukkannya slot x4 lebih dari memiliki setidaknya satu atau dua soket PCI-Express Gigabit Ethernet
  • Pendinginan bekerja dengan baik dan punya pengaturan heatsink yang cukup sederhana, namun mereka tidak rusak seperti yang lain dan heatsink PWM tumpang tindih dengan I / O belakang, artinya hanya ada empat port USB yang tersedia
  • Jika Anda membutuhkan slot x4 tambahan di atas CrossFire, maka hebat, tetapi itu adalah pengorbanan dengan mengorbankan fitur lainnya
    Daya on-board, reset dan menghapus tombol CMOS mendapatkan upgrade tetapi yang pada Asus Maximus masih lebih baik dan jauh lebih sedikit tipis

Ada fitur ceruk yang bagus seperti pengaturan daya digital dan switch on-board baru yang mewah tetapi secara keseluruhan untuk apa yang Anda dapatkan, itu bukan nilai yang besar. Di atas kertas, sebelum saya melihat Motherboard tulis saya benar-benar sangat senang dengan Abit IX38 QuadGT karena sepertinya lebih menarik daripada Formula Maximus – ia memiliki fitur yang sama dan harganya sekitar £ 15 lebih murah, tetapi sekarang setelah mengujinya Formula adalah nilai yang lebih baik dalam retrospeksi.

Saya suka Motherboard dengan cara yang sama seperti saya menyukai Formula Maximus, tetapi masalahnya adalah bahwa Motherboard P35 berusia enam bulan yang harganya sepertiga lebih sedikit berkinerja sama baiknya, sementara Motherboard X38 dasar dengan fitur inti yang sama akan menghemat £ 20. Sekali lagi, saya hanya merasa sulit untuk membenarkan biaya tambahan.

Kesimpulan

Digunakannya komponen bermutu dan feature overclock yang berlimpah, membuat motherboard ini terlihat sangat menggiurkan. Melalui motherboard ini, ABIT kembali hadir memanjakan para pecinta overclock yang mengidam-idamkan motherboard berkualitas.