Biostar G965 Micro 775 Andalkan Grafis Onboard Bertenaga

Chipset Intel 965 merupakan chip-set yang sangat terkenal ketika Core 2 Duo mulai merajarela. Pada waktu itu, kehandalannya tidak diragukan lagi. Namun, seiring berkembangnya teknologi, dominasi Intel 965 terkikis oleh chipset Intel yang baru sehingga pada akhirnya chipset Intel 965 ini harus turun peringkat.

Karena menggunakan chipset yang sudah melewati masa jayanya, dukungan prosesor terbatas hanya mendukung FSB 1066 MHz saja. Untuk informasi, saat ini prosesor Intel sudah mencapai FSB 1333 MHz, dan direncanakan tidak lama lagi akan mencapai FSB 1600 MHz. Walaupun demikian, motherboard dengan chipset ini tetap menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang berencana untuk mencicipi prosesor Intel Core 2 Duo. Chip grafis terintegrasi yang digunakan dalam motherboard ini adalah Intel GMA X3000 yang terbukti memiliki kinerja yang sangat baik.
Feature yang terdapat dalam motherboard ini cukup ramai dengan tersedianya empat buah slor DDR2 533/667/800 dengan kapasitas mencapai 8 GB, 10 buah USB port (empat pada panel belakangnya), empat buah port SATA2, sebuah slot IDE. Untuk audio codec, motherboard ini mengusung chip Realtek ALC888 8+2-Channel HD Audio, dan sudah mendukung gigabit LAN dengan menggunakan chip Realtek RTL8110SC.

Tetap menarik walaupun terbatas

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, chipset ini memang sudah ketinggalan jaman dan terbatas pada FSB 1066 MHz saja. Namun demikian, kemampuan over-clocknya tetap menarik, walaupun tentunya tidak terlalu extreme karena motherboard ini ditujukan untuk kelas value. Sayangnya, Techno Kita merasa chipset yang digunakan ini menghasilkan panas yang cukup berlebih ketika digunakan.

Biostar adalah salah satu dari beberapa produsen yang menunjukkan referensi Motherboard NVIDIA SLI 590 dengan dukungan penuh untuk Core 2 Duo.

Salah satu Motherboard yang lebih menarik yang kami lihat adalah Motherboard Biostar G965 Micro 775 yang menampilkan Intel 965G (grafis terintegrasi X3000) dan chipset ICH8. Meskipun Intel tidak akan meningkatkan produksi chipset 965G hingga Agustus, tampak bahwa Biostar adalah salah satu yang pertama yang memiliki sampel yang berfungsi untuk ditampilkan.

Motherboard chipset Intel yang berfokus pada anggaran Biostar adalah 946PL 775 yang menampilkan chipset Intel 946PL dan ICH7.

Biostar menawarkan dua Motherboard berbasis VIA berbeda yang mendukung Core 2 Duo dengan Motherboard P4M890-MY PCI-E yang menggunakan VIA P4M890 (IGP) Northbridge dan VT8237R + Southbridge. Harapkan board ini dan PT890 775 yang lebih berorientasi pada kinerja (untuk VIA) tersedia di sekitar titik harga US $ 45 ~ $ 55.

Motherboard ini memiliki kinerja yang sangat baik walaupun chip-set yang digunakannya sudah melewati masa jayanya. Tentunya kekurangan dari motherboard ini adalah keterbatasan dukungan prosesor Intel terbaru saja. Namun, hal ini dapat ditutupi dengan kinerja dan feature yang cukup baik walaupun chipset yang digunakannnya sedikit panas.