HELLGATE: LONDON Pintu Neraka Telah Dibuka!

Tidak banyak game online yang menawarkan mode permainan offline yangterintegrasi langsung dalam permainannya, seperti Hellgate: London

Game dengan tampilan visual yang berkualitas tinggi kini sudah menjadi sebuah keharusan untuk game terbaru, termasuk untuk game online. Begitu juga dengan Hellgate: London, game online dengan tampilan visual berkualitas tinggi dan permainan yang cukup menarik. Hellgate: London pada dasarnya merupakan sebuah game online yang menggabungkan unsur Role-playing Game dengan game aksi First Person Shooter. Walau Hellgate: London adalah game online, ia menyediakan mode single player yang tidak jauh berbeda mekanika permainannya dengan mode online.

Game ini memiliki sebuah latar belakang yang menarik. Pada suatu masa, bumi diinvasi oleh monster yang berasal dari neraka. Lucunya, dalam game ini mereka digambarkan sebagai makhluk dari luar bumi yang telah menaklukan banyak dunia lain di luar angkasa. Sebagai • generasi terakhir dari umat manusia, Anda akan ditugaskan untuk mematahkan invasi tersebut.

Anda akan memulai permainan seperti layaknya sebuah Role-playing Game atau game online. Sebuah layar pembuatan karakter akan muncul dan Anda dapat memilih jenis kelamin karakter serta tampilan dan profesinya. Profesi yang bisa Anda pilih terbagi menjadi enam jenis, yaitu Guardian dan Blade Master untuk pertarungan jarak dekat; Marksman dan Engineer yang menggunakan senjata jarak jauh; serta Summoner dan Evoker yang menggunakan serangan sihir. Semua profesi tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Misalnya, Summoner yang lemah dalam pertahanan fisik menggunakan bantuan monster untuk menyerang dan melindungi dirinya atau Marksman yang dapat menghilang untuk keluar dari kepungan musuhnya.

Mekanisme permainan yang menggabungkan shooter dengan Role-playing menghasilkan sebuah pengalaman bermain yang unik. Serangan yang Anda lakukan akan diperlakukan layaknya game Role-playing, yaitu dihitung besar serangannya berdasarkan statistik karakter. Stastistik karakter sendiri terdiri dari empat poin yang terbagi menjadi Accuracy (menentukan akurasi senjata api), Strength (kekuatan serangan jarak dekat), Stamina (semakin besar poin ini, semakin besar pula health point Anda), dan Willpower (serangan sihir sangat bergantung pada poin ini).

Selain berperan sebagai penentu kekuatan karakter, poin statistik juga sangat penting untuk menentukan perlengkapan yang Anda gunakan. Setiap perlengkapan dengan atribut khusus memerlukan poin yang jauh lebih besar dari perlengkapan biasa. Atribut yang dapat Anda temui beragam bentuknya, hampir mirip dengan perlengkapan yang bisa Anda temui di game Diablo 2. Selain perlengkapan yang didapat secara acak dan beragam bentuknya, bentuk daerah dan monster yang Anda temui juga berubah setiap kali Anda memulai permainan baru.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, game ini memiliki kualitas tampilan yang tinggi. Bahkan, ia telah mendukung penuh efek dari DirectX 10 (tentunya Anda harus menggunakan Windows Vista untuk menggunakan DirectX 10) yang memberikan pengalaman baru dalam keindahan visual. Untuk menikmati semua itu, tentunya Anda harus menyiapkan PC dengan spesifikasi tinggi dan koneksi Internet yang sangat bagus untuk bermain mode online. Sayangnya, kestabilan sistem dalam game ini masih kurang karena masih terdapat penurunan frame-rate yang signifikan setinggi apapun spesifikasi PC Anda.

Hal lain yang disayangkan adalah sisi penyampaian ceritanya. Karena game ini lebih ditujukan untuk online, penyampaian misi dan aliran ceritanya kurang baik. Profil dari kebanyakan Non-playable Character dalam game juga kurang menarik dan “kurang waras”. Walaupun demikian, game ini masih tetap menarik karena banyaknya ragam perlengkapan yang bisa Anda temukan dalam permainan.