Highlight Berita Dan Trend Teknologi Di tahun 2019

Dunia Maya dalam Satu Server IBM

Para peneliti di IBM saat ini sedang mengembangkan sebuah rencana yang terdengar kurang masuk akal. Mereka berniat membuat superkomputer yang dapat meng-hosting seluruh Internet, server yang berbasiskan superkomputer ‘‘BlueCene” ini dikembangkan IBM bersama dengan Departemen Energi AS. Menurut para peneliti dalam proyek bernama “Kittyhawk” ini, Mega-engine ini kelak dapat menghemat biaya, ruang, dan energi. Risiko terjadinya kesalahan juga akan lebih berkurang.

Info: www.ibm.com

Sony Siap Rilis Playstation 5 Seri Baru

Menurut kabaryang beredar, Sony akan meluncurkan game console generasi baru PlayStation 5 pada musim gugur 2008 ini. PS5 baru ini berukuran slim. Kapasitas hard disk sudah ditambah menjadi 160 CB (sebelumnya 40 GB). Selain itu, untuk pertama kalinya console ini dilengkapi dengan Dual Shock 3 Controller dengan fungsi getar. Saat dikonfirmasi, Sony membantah kabar ini. Paling tidak, bukan pada musim gugur ini. Menurut Sony, mereka memang merilis sebuah Lite Edition untuk semua varian PlayStation.

Info: www.sony.com

Elitegroup Siapkan Pesaing Asus Eee PC

Kehadiran prosesor Intel Atom direspons Elitegroup dengan merilis ECS GlOyang ditargetkan sebagai ASUS EeePC. ECS G10 akan dilengkapi Intel core logic 945 GSE dan ICH7M. ECS G10 berlayar 8,2 atau 10,2 inci ini dapat mendukung memori hingga kapasitas 2 GB dan telah mengunakan hard disk SSD dan webcam 1.3 megapixel.

Info: www.ecs.com.tw

BITMICRO SSD Capai Kapasitas 1,6 Terabyte

Perusahaan asal AS, BiTMicro, menjadi perusahaan yang pertama di dunia yang menawarkan hard disk SSD (Solid State Drive)yang berbasis Flash dengan kapasitas 1,6 Terabyte. Harddisk jenis 3.5 inci yang mereka namakan “E-Disk Altima Ultra 320 SCSI SSD” ini memiliki kecepatan rata-rata yang sangat tinggi, yakni 230 MB per detik. Bahkan, transfer rate dari hard disk ini dapat mencapai 320 MB per detik. Performa trasfer yang tinggi ini dicapai berkat penggunaan interface berstandar Ultra 320 SCSI yang biasanya digunakan di kalangan profesional. E-Disk Altima me-mangti-dak ditargetkan untuk pengguna pribadi, melainkan lebih diperuntukkan untuk kalangan industri. Rencananya, BiTMICRO akan memasarkan hard disk ini bakal dipasarkan mulai musim panas ini. Namun, belum ada keterangan mengenai harganya. www.bitmicro.com

LASER PRINTER Tanda Ilegal

Titik-titik kuning kecil pada hasil cetakan merupakan identitas dari pemilik laser printer dan mesin copy berwarna. Legalitas tanda-tanda ini belakangan dipertanyakan. Kesimpulan ini diberikan Komisi Eropa atas pertanyaan delegasi Finlandia, Satu Hassi. Franco Frattini, Internal and Justice Commissary, menjelaskan bahwa tanda-tanda seperti merupakan tindakan ilegal karena melanggar regulasi EU. Cara ini melanggar hak-hak dasar seperti perlindungan privasi. Banyak perangkat yang membuat tanda ini, misalnya untuk mengidentifikasi pemalsuan. Perangkat mana yang membuat tanda dan yang tidak, dapat dilihat di website Electronic Frontier Foundation (EFF). www.eff.org

Lebih Murah dengan Paket Ekstra

Salah satu model premium dari seri produk HTC ini akan semakin terjangkau bagi para konsumen. Dengan harga ritel kisaran baru yaitu USS 853 (+ PPN 10%), HTC TyTN II hadir dengan beberapa, seperti microSD card 1GB, dudukan ponsel saat di mobil (car holder), dan kabel charger mobil (car charger). Beberapa paket ekstra ini tentu saja dihadirkan HTC untuk menambah daya tarik HTC TyTN II agar menarik konsumen untuk untuk membelinya.

Berkat rancangan layarnya yang memiliki sudut kemiringan yangsangatergonomisdan unik, HTC TyTN II sangat cocok untuk digunakan untuk membaca dan membuat e-mail. Layar sentuh 2,8 inci didesain secara horizontal untuk menampakkan bagian penuh papan ketik QWERTY. Pilihan untuk wireless connectivity terbilang sangat memadai mualai dari Wi-Fi, 3.5G/HSDPA, hingga Bluetooth 2.0. Aplikasi seperti Microsoft Office Mobile yang dipasangkan dengan Black-Berry Connect 4.0 akan memberi jaminan bahwa kantor Anda selalu “mobile” dan setiap saat dapat diakses di mana saja.

Kamera autofokus 3 mega-piksel yang dipasangkan dengan kamera sekunder CMOS memberikan tidak hanya kemampuan menangkap momen-momen penting saat di perjalanan, tetapi juga menyediakan fasilitas video conference bila memang diperlukan. Tidak ketinggalan fasilitas GPS yang ter-integrasi dan piranti lunak Map-King R12 yang akan memenuhi semua kebutuhan navigasi Anda, dimana pun berada. www.htc.com