INTEL NEHALEM Menjanjikan Kinerja Super

TOCK: Saat Intel memperkenalkan mikro-arsitektur terbarunya untuk prosesor 45 nm.

Istilah Tick-Tock mungkin sudah cukup sering terdengar akhir-akhir ini. Tick menandakan perubahan proses fabrikasi dan Tock berarti perubahan arsitektur. Intel telah berhasil memperkecil proses fabrikasinya menjadi 45 nm (Tick). Kini giliran Tock: Intel memperkenalkan Nehalem, prosesor baru yang memiliki arsitektur baru pula.

Baru: untuk Intel

Mari kita simak sebagian keunikan arsitektur baru Nehalem yang rencananya akan diproduksi secara massal di akhir tahun 2008 (04).

Memory Controller: Intel memasukkan memory controller ke dalam paket prosesor. Controller ini dirancang untuk bekerja dengan 3 channel memory DDR3.

L2 dan 13: Tiap core akan ditemani oleh 256 Kb L2 Cache. Sementara itu, Intel kini menambahkan L3 cache dalam prosesor terbarunya. L3 Cace ini akan “diserbu” beramai-ramai oleh keempat core yang ada dalam prosesor

OuickPath interconnect (QPI): Pengganti Front Side Bus (FSB). Kini lebih cepat dan lebih pendek.

2-way Simultaneous Multi-Threading (SMT): Tiap core dapat mengeksekusi dua thread secara bersamaan. Ini adalah hasil pengembangan dari Hyper Threading (HT). Integrated Graphics: Prosesor Nehalem sudah dirancang untuk dapat menampung chip grafik terintegrasi di dalamnya. Belum ada detail lebih jauh mengenai ini, akan tetapi, ini adalah sebuah feature yang cukup menarik.

Tylersburg: pasangan hidup Nehalem

Mengingat memory controller kini sudah diintegrasikan ke dalam prosesor, Nehalem tentu tidak dapat memanfaatkan chipset Intel terdahulu (bahkan X48 sekalipun). Jadi, Intel memperkenalkan Tylersburg I/O Hub yang dipasangkan dengan sebuah ICH. Tylersburg dirancang baik untuk kebutuhan desktop maupun server. Berdasarkan acuan dari Intel, Tylersburg bahkan dapat mengendalikan lebih dari sebuah prosesor Nehalem.

Satu hal yang paling jelas adalah, platform Nehalem/Tylersburg harganya pasti tinggi. Nehalem menggunakan memory controller triple channel untuk DDR3. Jadi, Anda harus menggunakan tiga keping DDR3 yang harganya (setidaknya dalam tahun 2008) masih cukup tinggi. Ini juga berarti motherboard yang digunakan harus memiliki minimum tiga slot DDR3 untuk mengaktifkan triple-channel. Untuk mengantisipasi upgrade, seharusnya produsen motherboard mempersiapkan enam slot DDR3. Akibatnya, motherboard pun akan berukuran relatif besar dan cenderung kurang ekonomis.

Platform Nehalem/Tylersburg rencananya akan dijual di akhir tahun 2008. Saat ini, Intel bahkan sudah mendemokan platform Nehalem/Tylersburg yang sudah bekerja. Ini berarti, bagi Anda yang sudah memiliki platform berbasis P35 atau X38 dan ingin meng-upgrade ke platform high-end, sebaiknya menanti Nehalem saja. \

Kesimpulan sementara

Prosesor baru, chipset baru, dan beragam feature baru ini membuat Nehalem di atas kertas tampil menawan. Harga mungkin akan menjadi satu-satunya kelemahannya. Akan tetapi, performa dan kompatibilitasnya masih harus kita buktikan dulu. Mari kita nantikan kehadirannya di 04 2008 ini. Tidak lama lagi, bukan?