Windows 7 Informasi Aktual Penerus Vista

Windows 7 telah dibangun sebelum Vista siap, produk N+l pasti sudah mulai dibangun pada saat bersamaan dengan produk N

Sebenarnya, Microsoft sudah harus menghentikan pengembangan Windows Vista. Service Pack 1 yang baru untuk sistem operasi ini malah memblokir program keamanan seperti ZoneAlarm, Trend Micro, dan BitDefender. Walaupun menghadapi kesulitan tersebut, Microsoft malah mengembangkan penerus Vista.’ Codename: Windows 7. Sistem operasi baru ini akan diluncurkan paling cepat pada tahun 2009 nanti. Saat ini, Anda sudah dapat memperoleh informasinya, termasuk seputar feature-feature pada Windows 7. Dalam fase pengembangan awal ini, perancangnya masih berorientasi pada Windows Vista. Meskipun baru mencapai tahap “Milestone 1”, perbedaannya dengan Windows Vista sudah dapat dikenali. Antara lain, kemampuan jaringan rumah “Home Group” akan disempurnakan. Setelah instalasi, pengguna akan mendapatkan wizard baru yang akan mengaktifkan sharing gambar, video, musik, dan printer dengan beberapa klik saja.

Pengembangnya pun melakukan penyempurnaan tampilan Desktop. System Tray di samping indikator waktu tidak lagi menampilkan icon yang sedang terbuka pada Task Bar, melainkan pada sebuah window pop-up di atasnya. Selain itu, kini tampilan Start Menu akan lebih dinamis dan tampak lebih rapi. Menu program yang ada di Start Menu akan dapat dikunci dengan sebuah pin.

Selain itu, tersedia Quick Launch untuk Media Center dan Media Player yang sudah disempurnakan. Bahkan, terdapat feature tambahan untuk fungsi. Dengan feature “Wipe and Reload”, pengguna dapat mengembalikan status backup data, misalnya setelah instalasi gagal dilakukan.

Command Control: Windows 7 mendengar perintah lewat kata dan tulisan

Windows masa depan ini juga dirancang untuk perangkat kelas baru seperti Tablet PC. Untuk itu, Microsoft menawarkan sebuah writing and voice recognition pada penerus Windows Vista ini, jelas pendiri Microsoft, Bill Gates dalam sebuah wawancara.
Versi awal Windows 7 ini memang masih menawarkan Internet Explorer (IE) 7. Namun, para pengembangnya sedang me-j ngembangkan sebuah varian ‘ browser baru. Tujuan terpenting, 1 IE akan lebih kompatibel dengan berbagai standar web. Memang, i versi beta IE 8 sudah lulus test Acid2. Namun, pada tahap ini, browser pesaing seperti Firefox dan Opera sudah lama memenuhi standar ini.

Selain itu, Microsoft akan membuka kode browser mereka bagi para programmer. Cara ini memungkinkan programmer membuat extension untuk Internet Explorer, sama seperti pada proyek open source Firefox. Microsoft pun masih meniru dua ‘ fungsi lain dari browser pesaingnya. Tab yang tertutup secara tidak sengaja dapat dibuka kembali berikut dengan Surf Session, Menurut programmernya, tampilan RSS Feed IE 8 akan lebih baik lagi. Penjelasan lebih lanjutnya masih belum dapat dibeberkan oleh Chris Wilson, Platform Architect untuk Internet Explorer. Kita tunggu saja event Microsoft MIX08. Di sini, Dean Hacha-movitch, Chief of Internet Explorer Team, rencananya bakal membocorkan informasi lebih lanjut.

Satu hal yang pasti, interval sampai bertahun-tahun seperti dari IE 6 ke versi 7 tidak akan terjadi lagi. Ke depannya, setiap 18 sampai 24 bulan, Microsoft akan merilis Internet Explorer versi baru.

Info: www.microsoft.com