Index Berita Teknologi Terbaru 2019

Windows XP: Belum Sepenuhnya Pensiun

Meskipun Microsoft telah mencanangkan niatnya untuk menghentikan penjualan sistem operasi XP pada akhir Juni 2008 ini, beberapa pengecualian diberlakukan untuk Windows edisi tertentu. Salah satunya adalah Windows XP Homeyang masih akan ditawarkan oleh Microsoft hingga Juni 2010 untuk Intel Classmate PC atau ASUS Eee PC. Microsoft juga memberikan garansi bahwa XP ini masih akan diberi kelonggaran hingga tahun 2011.

Info: www.microsoft.com

Opera Mini 4.1:Lebih Cepat 50 Persen

Para pengguna telepon seluler yang telah dilengkapi dengan kemampuan Java dan telah meng-install Java virtual Machine dapat mencoba browser Opera Mini 4.1 terbaru yang diklaim produsennya, 50% lebih cepat dibandingkan versi terdahulu. Feature baru lainnya yang ditawarkan versi 4.1 antara lain URL autocomplete, mencari teks dalam setiap halaman web, melakukan proses upload (download) dalam browser, dan mengintegrasikan search engine Google pada setiap halaman web.

Info: www.opera.com

Player Blu-ray Mulai Sertakan Dukungan DivX

Kemenangan fomat High Definition Blu-ray atas HD-DVD tampaknya masih belum cukup dirasakan para produsen Blu-ray player untuk menarik minat konsumen. Oleh karena itu, produsen seperti Denon, Panasonic dan Philips belum lama ini menambah daya tarik produknya dengan menyertakan dukungan untuk dapat memutar media berformat DivX pada beberapa Blu-ray player mereka.

Info: www.divx.com

Kolaborasi Merakit PC

Microsoft bersama tiga partner lokal OEM utamanya meluncurkan program Indonesia Right PC Heroes untuk kepemilikan PC bagi pelajar, pengguna rumahan, serta pengguna profesional di kalangan korporat. Tingkat kepemilikan PC di Indonesia mengalami kenaikan yang signifikan tiap tahunnya. Sayangnya, penjualan PC yang diisi dengan sistem operasi ilegal masih marak terjadi sehingga menghambat kemajuan industri PC di Indonesia.

Hal ini menjadi salah satu latar belakang diluncurkannya program Indonesia Right PC Heroes dari Microsoft bersama mitra lokal OEM utamanya yaitu Axioo, Wearnes, serta Zyrex. Bersama ketiga mitra ini, Microsoft menyediakan solusi produk PC yang disesuaikan dengan kebutuhan calon pembeli. Dengan program ini, calon pembeli diberikan berbagai pilihan notebook atau PC yang telah di-install dengan sistem operasi Windows asli.

Menurut Ari Kunwidodo, Direktur OEM PT Microsoft Indonesia, solusi yang diberik,-melalui Microsoft dalam program ini dibagi menjadi 3 paket berdasarkan jenis sistem operasi terbaru Windows Vista. Untuk sektor pendidikan, tersedia paket GOOD yang diisi dengan Windows Vista Starter Edition. Pengguna perorangan dapat memilih paket BETTER yang memuat Windows Vista Home Basic/Home Premium. Sedangkan paket BEST yang diperuntukan untuk kebutuhan korporat dan profesional. “Microsoft menyediakan ketiga paket pilihan tersebut dengan harga yang terjangkau dan kualitas PC yang handal karena diproduksi oleh ketiga pembuat PC terbesar di Indonesia., tambahnya.

Salah satu bentuk implementasi program Indonesia Right PC Heroes adalah menyediakan layanan bagi calon pembeli mengenai spesifikasi komputer yang dibutuhkannya dalam bentuk diskusi dengan petugas-petugas yang ada di mal-mal Tl di Jakarta serta layanan konsultasi berbentuk aplikasi web. www.microsoft.com

HUAWEI INDONESIA Siap Tampung SDM Lokal

Perusahaan jaringan telekomunikasi global asal negara Tirai Bambu ini terus menancapkan cakar-cakarnya di Indonesia. Belum lama ini Huawei Technologies (PT Huawei Tech Investment) mengumumkan niatnya untuk menambah jumlah karyawan di Indonesia hingga mencapai 2000 orang atau dua kali lipat dibandingkan jumlah karyawan lokal pada tahun lalu. www.huawei.com

NORTON ANTIVIRUS DUAL PROTECTION AV Berproteksi Ganda

Menurut Symantec, anca-manvirusatau malware lainnya bagi pengguna Mac bukan hanya berasal dari lingkungan Mac OS saja, tetapi juga bisa berasal dari luar lingkungan Mac OS, misalnya dari Windows. Sistem Windows tersebut bisa “berada” pada partisi berbeda (via BootCamp) atau dari sistem virtual (memakai Parallels atau VMWare Fusion). Untuk itu, Symantec belum lama ini memperkenalkan Antivirus jenis terbarunya yang mereka beri nama Norton Antivirus Dual Protection for Mac. Paket Antivirus ini sebenarnya hanyalah produk “gado-gado” atau kombinasi dari produk Norton Antivirus 2008 Windows dengan Norton Antivirus 11 untuk sistem operasi Mac. www.syinantpc.com