Cek Kekuatan Kata Sandi Lewat Tool Dari Microsoft

Memiliki nama Microsoft yang melekat padanya dapat membuat pengguna lebih nyaman untuk menguji kekuatan kata sandi mereka di sini (atau tidak, tergantung pada pandangan Anda terhadap Microsoft). Kekuatan kata sandi Anda muncul di bilah berwarna di bawahnya – berkisar dari merah (terburuk) hingga hijau tua (terbaik).

Para peselancar yang telah berkelana di dunia maya dan mendaftarkan user dan password pribadinya di sejumlah website, biasanya cenderung menggunakan password yang sama. Password-nya juga cenderung tematik dan berkisar pada tanggal lahir, ulangtahun, atau nama seseorang yang dicintai serta hewan piaraan. Bahayanya, password tersebut seringkali juga dipakai untuk proteksi file pribadi, keuangan, dan lainnya di PC. Pemakaian password “one-for-all” yang terlalu sederhana tentunya berisiko gampang dijebol hacker atau orang lain yang berniat jahat.

Jika Anda tertarik menguji seberapa kuat kata sandi Anda, coba Periksa kata sandi Anda (Keamanan Daring Microsoft). Kata sandi yang kuat sangat diimpor untuk mengamankan semua informasi Anda dan harus menyertakan angka, simbol, huruf besar dan kecil dalam kata sandi, juga menghindari kata sandi berdasarkan pengulangan, kata-kata kamus, urutan huruf atau angka.

Ada sejumlah karakteristik yang dapat Anda gunakan untuk menilai kekuatan dan entropi (keacakan atau tidak dapat diprediksi) kata sandi atau, lebih disukai, frasa sandi, seperti:

  • Jumlah karakter
  • Ragam karakter – kata sandi yang sangat panjang yang terdiri dari karakter yang diulang yang sama tidak tahan terhadap perangkat lunak peretas kata sandi
  • Jenis karakter yang digunakan: alfabet, numerik, simbol, dan karakter khusus, dan di mana mereka ditempatkan dalam kaitannya dengan karakter lain. (Untuk mengambil contoh sederhana, ketika orang menambahkan angka ke kata sandi mereka yang ditambah setiap kali mereka diharuskan untuk mengubahnya, itu tidak menawarkan penghalang yang efektif untuk perangkat lunak peretas kata sandi.)
  • Sensitivitas kasus
  • Gunakan kata-kata kamus
  • Penggunaan pergantian karakter (seperti 0 untuk ‘o’, atau 4 untuk ‘a’)

Ada sejumlah algoritma yang dapat digunakan untuk menilai efektivitas string yang diberikan yang digunakan sebagai frasa sandi. Jelas, beberapa lebih baik daripada yang lain dan Anda harus mengharapkan beberapa variasi dalam kategorisasi. Saya mencoba kata sandi yang sama terhadap pemeriksa Microsoft, yang bukan salah satu yang diuji oleh Stockley. Berikut adalah kategori yang diberikan oleh pemeriksa. Angka di kolom pertama menunjukkan peringkat mereka dalam daftar 10.000 kata sandi paling umum di xato.net.

Oleh karena itu, ada baiknya sesekali Anda mencoba menguji tingkat keamanan password tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan layanan Microsoft Password Checker. Anda cukup mengisi kotak yang tersedia di sana dengan password yang ingin diuji. Untuk mendapat tingkat keamanan password tertinggi pada bagian “Strength”, gunakan kombinasi angka, huruf, dan karakter lainnya (simbol). Menurut Password Checker, password dengan jumlah karakter hingga 50-an saja belum tentu paling aman. Cobalah uji, seberapa aman password yang Anda gunakan selama ini. www.microsoft.com/protect/yourself/password/checker.mspx