Integrasi NETBEANS Secara Optimal dengan Database MySQL

NETBEANS 6.1 INTEGRATED DEVELOPMENT ENVIRONMENT (IDE) BETA
NetBeans 6.1 Integrated Development Environment (IDE) Beta telah tersedia dan dapat di download dialamat www. netbeans.org. Demikian informasi yang disampaikan oleh komunitas NetBeans dan Sun Microsystemsselakuperusahaan yang mampu mengembangkan berbagai teknologi serta aplikasi Open Source dengan menggerakkan pasar global berdasarkan visi tunggalnya “The Network is the Computer”. Netbeans 6.1 IDE Beta memiliki serangkaian feature yang lebih lengkap untuk pengembangan teknologi JavaScript, komponen kunci untuk membuat aplikasi web yang menggunakan teknologi Ajax, dan integrasi yang lebih baik dengan database MySQL

NetBeans 6.1 Beta versi 1, dirilis bulan ini, menyediakan banyak fitur baru untuk pengembang. Solusinya adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) open source gratis untuk membangun aplikasi desktop Java.

Rilis beta ini mencakup peningkatan untuk dukungan Ruby / JRuby, yang pertama kali ditambahkan di NetBeans 6.0. Penyempurnaan Ruby Editor telah dibuat yang memungkinkan debugging cepat JRuby. IDE juga mencakup peningkatan teknologi JavaScript untuk aplikasi Web berbasis AJAX, plus integrasi yang lebih erat dengan basis data MySQL sumber terbuka.

Untuk menggunakan NetBeans 6.1 Beta, pengembang perlu menginstal JDK 5 Update 14, atau yang lebih baru. Beta mendukung Spring Framework 2.5 dan telah meningkatkan dukungan untuk Mac OS X. Fitur-fitur Java Platform Enterprise Edition baru termasuk dukungan tambahan untuk server aplikasi WebSphere 6.0 dan 6.1, termasuk EJB / JAR, WAR, dan pengembangan dan penyebaran EAR.

Peningkatan Kinerja

Hal pertama yang perlu diperhatikan tentang NetBeans 6.1 Beta adalah ia mulai lebih cepat. Dengan proyek yang dibuka, NetBeans 6.1 dimulai 40 persen lebih cepat. IDE mengkonsumsi lebih sedikit memori dan memiliki urutan startup yang ditingkatkan. Optimalisasi untuk mengurangi I / O dan akses file telah diterapkan untuk respon yang lebih cepat pada sistem file seperti jaringan.

“Sejak dirilisnya NetBeans versi 4.0 IDE, momentum dan penggunaannya sangat fenomenal dengan lebih dari 9,3 juta pengguna mendownload selama 2 tahun,” ujar Jim Parkinson, Wakil Presiden dari Tools dan Services Sun. “Dengan NetBeans 6.1 IDE, kami mengharapkan penggunaannya terus berkembang pesat terutama dengan adanya dukungan JavaScript yang baru dan integrasi yang yang lebih baik dengan database MySQL Dirilisnya NetBeans 6.1 IDE Beta menunjukkan inovasi dan keberhasilan atas inisiatif open source dari Sun Microsystems.”

Teknologi Javascript ini ditambahkan berdasarkan dukungan untuk pemrograman bahasa Ruby yang meliputi berbagai feature menarik, seperti Semantic Highlighting, Code Completion, Type Analysis, Quick Fixes, Semantic Checks, dan Refactoring. Selain itu, ada pula penambahan feature Browser Compatibility yang akan mempermudah pembuatan kode perangkat lunak JavaScript agar dapat berjalan di beberapa program browser, seperti Mozilla Firefox, IE, Opera, dan Safari.

Info: www.sun.com

https://download.netbeans.org/netbeans/6.1/beta/